Pesan Sri Mulyani ke Anak Muda: Jangan Cuma Lihat Ponsel

Sri Mulyani.
Sri Mulyani.

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak generasi muda agar lebih banyak beraktifitas di luar ruangan. “Jangan cuma melihat ponsel kecil ini saja,” kata Sri Mulyani saat menjadi pembicara di Ideafest di Jakarta Convention Center, Jumat, 6 Oktober 2017.

Lebih jauh Sri Mulyani menyayangkan anak muda zaman sekarang lebih cenderung beraktifitas di dalam ruangan saja lantaran telah didukung teknologi penunjang konektivitas. “Orang tua suka khawatir anaknya enggak ada teman karena di rumah terus,” katanya. Padahal, kata Sri Mulyani, teman si anak yang jarang keluar ruangan itu punya ribuan teman. “Tapi enggak kelihatan sama bapak ibunya.”

Ia juga menyarankan anak muda agar bersosialisasi dengan warga dengan sekadar menyapa warga sekitar, maupun ikut membersihkan kampung. Sri Mulyani mengenang teman-teman pada masa mudanya yang sering kali menyambangi rumahnya untuk bermain. Sementara zaman sekarang, meski tidak kemana-mana, anak muda tetap bisa menjalin pertemanan melalui dunia maya.

Baca juga: Kisah WNI yang Bekerja di Facebook dan Instagram

Terlebih, menurut Sri Mulyani, aktivitas di luar ruangan sangat bermanfaat untuk kesehatan jiwa dan raga. Adapun kegiatan yang dia sarankan misalnya berolahraga atau berjalan santai di lingkungan rumah.

Pada kesempatan itu, Sri Mulyani mengatakan bahwa anak muda zaman sekarang yang tinggal di perkotaan memiliki potensi yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi Y, Z, dan Milenial kini didukung oleh 3C, yakni confident (percaya diri), creativity (kreatifitas), dan connectivity (konektifitas). Keberadaan generasi muda saat ini, menurut Sri Mulyani, sangat krusial karena besarnya jumlah mereka. Dari 257 juta penduduk Indonesia, sekitar 55 persen di antaranya tinggal di perkotaan. Jumlah itu bakal bertambah hingga mencapai 66 persen apabila mengikuti tren dunia.()

Sumber: Tempo