Seoul 2025: Tiap Jalan 10 Menit, Ketemu 1 Stasiun Subway

Kereta subway di Seoul. Foto: Kojects.
Kereta subway di Seoul. Foto: Kojects.

Seoul – Tak terbayang Seoul dan sekitarnya tanpa subway. Rata-rata 7 juta penumpang per hari adalah bukti vitalnya transportasi ini. Kini tersedia 18 jalur, yaitu 9 jalur subway dan 9 jalur khusus plus monorail. Dengan total panjang jalur lebih dari 940 km, sistem subway di Seoul termasuk yang terpanjang di dunia.

Sejak dibangun pertama kali tahun 1974, saat ini bisa dikatakan 60% Seoul dan sekitarnya dijangkau layanan ini. Hingga 2025 ditargetkan jadi 72%. Artinya, tiap berjalan 10 menit saja, dipastikan akan ketemu stasiun subway.

“Aku agak khawatir tak bisa balik ke hotel, tapi untunglah subway Seoul mudah dimengerti,” ujar Dewi, 28 tahun, yang datang ke Seoul bersama temannya. “Kami sebelum ke Seoul, pergi ke Tokyo. Wah, di sana ternyata transfer harus bayar untuk beberapa jalur. Di Seoul, transfer ternyata nggak bayar,” tambahnya.

Itulah salah satu kelebihan subway Seoul yang terus dikembangkan. Bagaimana dengan Jakarta? Tak mau tertinggal, Jakarta pun bangun subway jalur perdana yang siap operasi tahun 2018. Banyak yang menunggu.()