9 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah ala Phinemo

Pesawat terbang sedang mengudara.
Pesawat terbang sedang mengudara.

Menggunakan transportasi udara memang sangat efisien bila melihat waktu dan jarak yang ditempuhnya. Tidak heran sekarang pesawat menjadi pilihan utama jika melihat dana yang dikeluarkan terhadap waktu dan tingkat lelah dalam menempuh perjalanan.

Bagi Anda yang gemar atau ingin naik pesawat dengan harga tiket yang lebih murah dari biasanya, ikuti tips berikut ini.

1. Cek tiket promo

Ada dua hal yang bisa Anda gunakan untuk bisa mengetahui kapan ada promo tiket pesawat.

Pertama adalah dengan cara like fanpage mereka, follow twiter, atau media sosial lainnya yang sering digunakan sebagai media penyebaran informasi dari pihak maskapai kepada Konsumen. Dengan cara ini Anda akan bisa menemukan kapan munculnya tiket promo dan seperti apa promo yang mereka tawarkan kepada Anda.

Kedua adalah dengan cara mendaftarkan email Anda kepada maskapai yang biasa Anda gunakan. Pihak maskapai biasanya biasanya mengirimkan newsetter kepada Anda, baik sekadar informasi tentang tawaran menarik atau pemberitahuan mengenai tiket promo.

Biasanya dalam pemberitahuan informasi seperti ini disebarkan mengenai email terlebih dahulu sebelum melalui pengumuman lewat media atau situs resmi maksapai penerbangan itu sendiri. Karena mengirim email ke daftar penerima newsletter akan lebih murah dan lebih cepat daripada harus mempersiapkan design untuk dipajang di media mereka.

Baca juga: Tips Wisata Korea Murah Meriah

2. Waktu memesan tiket pesawat

Semua sudah tahu bahwa harga tiket pesawat akan naik ketika mendekati hari raya, liburan panjang, musim liburan atau akhir pekan. Baik lupakan itu sejenak, coba perhatikan waktu Anda mencari tiket tersebut ditujukan kapan :

Hari-hari yang murah : semua sudah tahu kalau akhir pekan tiket pesawat murah jarang ditemukan, cobalah mencari hari lain pada tengah minggu, seperti selasa, rabu atau kamis. Harga tiket pada hari jumat dan senin masih dipengaruhi oleh harga hari sabtu dan minggu.

Tanggal-tanggal yang murah : tanggal 20an ke atas biasanya menjadi tanggal di mana tiket pesawat mengalami penurunan harga. Mungkin karena target bulanan sudah tercapai sebelum tanggal 20, atau maskapai penerbangan berbaik hati pada mereka yang merasakan tanggal tua, atau bisa jadi untuk menarik minat para pekerja yang bisa gajian di tanggal 25.

Bulan-bulan murah : pada akhir tahun dan awal tahun seperti Desember dan Januari, serta tengah tahun seperti juni hingga September adalah masa di mana pesawat sedang menaikkan harga tiketnya. Mungkin karena sedang puncak-puncaknya orang bepergian ketika musim liburan. Cobalah cari informasi harga tiket pesawat di luar bulan-bulan tersebut.

3. Di mana memesan tiket

Dengan membeli harga tiket di situs resmi maskapai penerbangan, maka Anda harus memperhatikan kecenderungan naik turun harga yang biasanya sengaja dibuat agar Anda merasa harus membeli tiket tersebut sebelum harganya naik kembali. Pelajari kembali pola naik turun harga yang mungkin telah diatur, jika memang harganya paling rendah memang berputar-putar di harga tersebut, maka pilihlah harga termurah dengan memperhatikan waktu pemesanan berdasarkan pengamatan naik turunnya harga yang ditawarkan pada website tersebut.

Dengan menggunakan jasa agen travel yang kini sudah banyak tersedia baik melalui website atau aplikasi di smartphone. Harga yang ditawarkan biasanya akan lebih murah karena sudah terjalin kerjasama antara pihak agen travel dengan maksapai penerbangan. Namun Anda tetap perlu membandingkan dengan harga yang ditawarkan pada situs resmi maksapai untuk perbandingan mana yang lebih murah.

4. Clear cache browser atau gunakan private mode pada browser Anda

Pada beberapa webstie agen travel atau maskapai penerbangan bisa mengetahui Anda sudah datang berapa kali pada website tersebut. Semisal pada kunjungan pertama pada pagi hari di sebuah tiket akan diberi harga sebesar Rp. 1.100.000, dan saat siang hari Anda mengunjungi bisa jadi tiket tersebut bisa menjadi Rp. 1.200.000. Hal ini akan membuat Anda berfikiran bahwa ketika Anda mengulur waktu untuk membeli tiket pesawat maka harganya akan semakin naik. Ini terjadi karena website tersebut mengetahui Anda telah datang untuk kedua kalinya.

Untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan cache dan cookies pada browser Anda. Hal ini dimaksudkan agar website tersebut mengenali Anda sebagai pengunjung baru.

Cara yang lebih mudah adalah dengan menggunakan mode menyamar atau private mode. Mode ini membuat browser Anda tidak memuat dan menyimpan cookies dan cache, sehingga akan  membuat browser Anda selalu terlihat sebagai pengujung baru pada website tersebut.

5. Jangan membeli borongan

Pembelian secara borongan biasanya akan menaikkan harga tiket pesawat dalam sistem pembelian online, hal ini dikarenakan Anda memerlukan tempat duduk yang berurutan dengan rekan seperjalanan Anda.

Coba Anda bandingkan ketika Anda memesan sendiri untuk 4 tiket pesawat, kemudian coba Anda bersama ketiga rekan Anda membuka sendiri pada komputer masing-masing. Memang bila memesan sendiri-sendiri ada kemungkinan mendapatkan kursi yang terpisah, namun dengan memesan dalam waktu yang bersamaan maka Anda akan bisa memperbesar kesempatan untuk mendapatkan tempat duduk yang berurutan.

6. Perhatikan rute transit

Hal ini diperlukan perbandingan antara rute pesawat langsung atau rute pesawat yang harus transit. Kelebihan rute langsung adalah waktu tempuh yang akan lebih singkat dari pada menggunakan rute transit. Untuk masalah harga bisa Anda bandingkan, semisal Anda akan menuju Medan dari Yogyakarta, ada rute langsung dari Yogyakarta menuju Medan, dan ada rute transit Yogyakarta ke Jakarta terlebih dahulu baru ke Medan. Kalkulasikan jumlah keduanya, manakah yang lebih murah dengan mempertimbangkan waktu perjalanan yang Anda perlukan juga.

7. Perhatikan tren perjalanan

Perhatikanlah lokasi Anda akan menuju kemana, karena ini adalah hal yang hampir tidak bisa ditawar. Biasanya pesawat yang mendarat di bandara sekunder akan lebih murah daripada di bandara utama.

Kemudian perhatikanlah jumlah maskapai penerbangan yang melayani rute tersebut. Bila rute tersebut banyak dilayani oleh maskapai penerbangan, seperti Jakarta, Bali, Surabaya dll, maka Anda akan harus pintar membaca perubahan harganya. Jika Anda sudah menemukan salah satu maskapai penerbangan yang murah dan memang merasa tidak akan turun lebih murah lagi, segeralah membeli tiket tersebut.

Hal berikutnya adalah kapan Anda akan berangkat dari lokasi Anda menuju tujuan Anda. Maskapai penerbangan yang masuk ke kategori Low Cost Carrier (LCC) biasanya akan memasang tarif rendah jauh-jauh hari sebelum jadwal penerbangan dan akan menaikkan harga ketika mendekati jadwal penerbangan. Namun pada maskapai non LCC yang memiliki harga tiket yang relatif sama sepanjang tahun kecuali saat hari-hari puncak, harga tiket ketika mendekati jadwal penerbangan bisa semakin murah.

8. Fasilitas masing-masing maksapai penerbangan

Perhatikanlah harga tiket yang tertera termasuk apa saja yang bisa Anda dapatkan. Semisal sudah termasuk makan dan minum di dalam perjalanan, free bagasi untuk alat olahraga, pajak bandara atau harga-harga lainnya yang bisa membuat Anda tertipu dengan selisih yang sedikit namun Anda harus membayar lebih di langkah selanjutnya. Selalu teliti terhadap apa yang tertera pada pesanan tiket Anda untuk menghindari biaya tambahan yang Anda sesalkan. perhatikan juga hal yang perlu Anda perhatikan sebelum naik pesawat.

9. Teliti

Diperlukan waktu dan ketelitian untuk mendapatkan tiket termurah, apabila ada tiket murah namun tidak pas dengan jadwal Anda maka akan percuma. Bila tidak terburu-buru, jangan membeli tiket sesegera mungkin. Pastikan Anda mendapatkan waktu, harga dan fasilitas yang sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Selamat berburu tiket murah!()

Sumber: Phinemo