Tips Traveling Hemat Murah Meriah ke Korea Selatan

Wisata Korea. Foto: Gokoreatour.
Wisata Korea. Foto: Gokoreatour.

Seoul – Apakah Anda merencanakan liburan ke Korea Selatan? Atau sedang mencari informasi agar bisa traveling hemat murah meriah di sana? Berikut tips yang dapat Anda coba agar dapat traveling ke Korea dengan hemat murah meriah.

Tips Traveling Hemat Murah Meriah ke Korea Selatan

Sejak merebaknya K-Pop di seluruh dunia, Korea Selatan menjadi destinasi favorit wisatawan, terutama wisatawan dari Indonesia. Seoul menjadi salah satu destinasi yang popularitasnya meningkat sejak 2014 dan terus menjadi destinasi idaman wisatawan setiap tahunnya.

Ibu kota Korea Selatan ini menyimpan banyak hal menarik, mulai dari wisata budaya, alam, kuliner, hingga belanja. Sayangnya, banyak orang yang bilang bahwa traveling ke Korea Selatan itu mahal. Nah, berikut tips agar perjalanan wisata Anda ke Korea bisa hemat murah meriah.

1. Tiket Pesawat

Korea Selatan memiliki 7 bandara internasional dan yang utamanya adalah bandara Incheon yang terhubung dengan berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Ada 3 penerbangan langsung dari Jakarta ke Seoul, dengan total 25 penerbangan selama seminggu.

Walau demikian, harga termurah kadang bisa Anda dapatkan dari penerbangan yang membutuhkan transit terlebih dahulu, misalnya Jakarta-Kuala Lumpur-Seoul. Sering kali juga, penerbangan langsung juga banyak yang harganya murah bila sedang ada promo atau pameran.

Selain itu, biasanya waktu termurah untuk membeli tiket pesawat ke Korea Selatan adalah 19 minggu di awal.

Anda juga dapat mencari beberapa alternatif rute terbang maupun rute pulang dari kota yang berbeda untuk menemukan harga penerbangan termurahnya.

Harga tiket dari Jakarta ke Korea yang paling murah sekitar Rp 1.5 juta untuk sekali jalan. Setelah membeli/booking tiket pesawat, jangan lupa untuk mengurus visa, karena warga negara Indonesia wajib memiliki visa untuk masuk ke Korea Selatan.

2. Akomodasi

Korea Selatan memiliki sejumlah alternatif tempat penginapan murah, misalnya hostel atau guesthouse. Harganya mulai dari 15 ribu Won (Rp 180 ribu) per malam.

Selain hostel atau guesthouse, tentu ada banyak pilihan penginapan lain, seperti motel atau hotel, dengan harga yang cukup variatif.

3. Makanan

'Warteg' Kimbab Nara. Foto: Echangwon.
‘Warteg’ Kimbab Nara. Foto: Echangwon.

Harga makanan di Korea Selatan memang tergolong lebih mahal dibandingkan dengan Indonesia.  Makanan murah mulai dari 4 ribu Won (Rp 48 ribu).

Untuk mencari makanan yang murah meriah, makanlah makanan khas Korea Selatan karena makanan ini tergolong lebih murah dan bisa Anda temukan di pinggir jalan atau “warteg” Korea, seperti “Kimbab Nara” atau “Kimbab Cheongguk”.

Bila ingin lebih hemat lagi, Anda dapat membawa bekal seperti rendang yang tahan lama atau mie instant. Anda cukup membeli nasi saja di “warteg” Korea seharga seribu Won.

Nasi putih di 'warteg' Korea. Foto: Ilbe.
Nasi putih di ‘warteg’ Korea. Foto: Ilbe.

4. Transportasi dan Objek Wisata

Berbeda dengan biaya makanan, biaya transportasi umum di Korea Selatan tergolong cukup murah. Sesampainya di sana, Anda tinggal membeli T-Money, sebuah kartu yang bisa Anda gunakan untuk membayar bus, subway, taksi, dan bahkan barang belanjaan di beberapa toko. Jadi untuk berkeliling kota, Anda bisa naik subway atau bus yang biayanya tidak terlalu mahal. Selain itu, pemerintah Korea Selatan juga menyediakan banyak tur gratis untuk memanjakan para wisatawan lho!

5. Belanja

Untuk sebagian orang, belanja adalah sesuatu yang wajib dilakukan ketika bepergian. Walau umumnya cukup mahal, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan barang murah. Mainlah ke daerah Dongdaemun atau Myeongdong di Seoul, surganya tempat belanja murah. Anda bisa membeli kaus, gantungan kunci, dan berbagai oleh-oleh lain untuk teman dan keluarga di rumah.

Selamat mencoba dan sampai jumpa di Seoul!()