Tips Menyimpan Daging Qurban Dr. Nanung

Tips simpan daging qurban. Foto: Dr. Nanung.
Tips simpan daging qurban. Foto: Dr. Nanung.

Jakarta – Tanpa terasa sebentar lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1438 H. Umumnya, saat hari raya akan banyak yang berkurban, entah kambing atau sapi. Berikut ini adalah tips menyimpan daging qurban dari Dr. Nanung Danar Dono yang juga merupakan seorang dosen Fakultas Peternakan UGM dan direktur┬áHalal Center. Tips menyimpan daging ini tentu dapat diterapkan sehari-hari agar daging tetap terjaga kualitasnya.

Tips menyimpan daging qurban:

1. Sebelum disimpan, daging qurban jangan dicuci. Jika dicuci pakai air keran, kuman-kuman dapat masuk dan menetap di dalam pori-pori daging sehingga merusak kualitas daging. Mencuci daging dapat dilakukan bila hendak memasak daging.

2. Jika memiliki daging yang banyak, jangan menyimpan daging utuh di dalam freezer. Potong-potong daging terlebih dahulu hingga berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik-plastik berukuran kecil 1/2 kg atau 1 kg. Jika hendak memasak, ambil satu kantong kecil. Daging yang tetap dalam keadaan beku dapat disimpan lebih dari 1 tahun dan kualiatasnya tetap terjaga.

3. Sebelum disimpan di-freezer, simpan daging terlebih dahulu di dalam kulkas yang sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin, baru dimasukkan ke dalam freezer.

4. Jika hendak memasak daging beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. Letakkan daging beku di bawah air keran suhu normal dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik. Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak.

Demikian tips menyimpan daging dari Dr. Nanung, semoga bermanfaat bagi para pembaca WNINews.com yang budiman.()