Tips Memotret ala Puan Anindya untuk Para Fotografer Pemula

Hasil jepretan Putri Anindya. Foto: IG Putri Anindya.
Hasil jepretan Putri Anindya. Foto: IG Putri Anindya.

Putri Anindya atau akrab disapa Puan adalah sosok wanita di balik layar Instagram @puanindya yang punya passion fotografi luar biasa dan mengagumkan yang bisa menjadi panutan dalam dunia fotografi perjalanan, terutama untuk pemula.

Tips dari Puan untuk para pemula yang ingin mulai memotret

Memotret memang hal yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Tapi, Puan punya cara tersendiri dalam membuat foto perjalanan yang bisa bercerita. Untuk Kamu yang ingin menekuni dunia fotografi, Kamu bisa ikuti tips dari Puan berikut ini:

1. Mulai dari peralatan sederhana

Memotret memang butuh gear yang memadai, kamera yang bagus kerap berperan penting sebagai tolok ukur keberhasilan seorang fotografer. Namun, Puan memberikan saran untuk Kamu yang ingin memulai menapaki dunia fotografi untuk mempelajarinya lewat alat sederhana di sekitar kita seperti smartphone.

“Manfaatkan aja yang ada dulu. Saya dulu sempat foto pakai iphone 4, lho,” Ujar Puan. Jadi, tidak usah terburu-buru untuk membeli kamera yang bagus, karena harganya bisa mencapai puluhan juta. Pun sebenarnya belajar fotografi itu bisa dipelajari dari alat sesederhana smartphone.

2. Latih perspektif dan sense foto

Perspektif merujuk pada sesuatu yang bersifat visual. Di dalam seni fotografi, perspektif adalah hal yang penting karena kita bisa memanfaatkannya untuk membuat sebuah gambar memiliki komposisi yang seimbang. Contoh konkrit pengertian perspektif dalam hal ini ada di mata manusia yang melihat benda jauh akan terlihat kecil dan benda dekat akan terlihat besar. Hal ini juga sama-sama diterapkan dalam seni fotografi. Jika sudah mengerti komposisi ini tentu sana sense of dept dari foto yang Kamu hasilkan tentu saja akan keluar dengan sendirinya. Jika terus latihan tentu saja foto-foto bagus akan mudah dihasilkan.

“Kalau sudah paham mengenai perspektif dan melatih sense foto kamu, baru mulai ganti gear. Itu pun jangan yang berlebihan. Harus sesuai kebutuhan dan punya target untuk balik modalnya berapa lama,” ujar Puan.

3. Aware dengan keadaan sekitar

Selain melatih perpektif dan sense foto, penting juga untuk lebih memperhatikan sekitar, karena foto yang bagus biasanya muncul tak terduga dan itu muncul jika kita sering aware dengan keadaan sekitar.

“Moment biasanya tidak bisa dipersiapkan dan datang kapan saja ke depan mata. Persiapannya mungkin melatih sense jadi lebih aware dengan keadaan sekitar kita sehari-hari,” ujar Puan. Jangan terlalu fokus dengan background untuk foto selfie karena kita tidak akan bisa mendapatkan foto yang berbeda jika terlalu fokus dengan background untuk foto selfie.

“Harus lebih fokus terhadap hal yang baru yang jarang kita lihat, dibanding fokus dengan background apa yang bagus untuk foto selfie,” ujar Puan

4. Jangan bosan berlatih dan belajar

Agar skill bisa terus berkembang, hal yang paling penting adalah dengan tak bosan berlatih dan belajar. Meskipun hasil jepretan kadang kurang bagus, jangan mudah menyerah dan teruslah belajar. “Kalau memang foto adalah passion kamu, jangan pernah bosan untuk berlatih dan belajar,” ujar Puan

5. Nikmati Proses

Pertama kali terjun di dunia fotografi dan share foto di Instagram mungkin Kamu bakal menemui banyak rintangan. Jangan patah semangat menikmati proses ini karena semuanya akan indah pada akhirnya. “Jangan lupa untuk nikmati prosesnya,” pungkas Puan.()

Sumber: Phinemo