Penundaan Pertandingan Kualifikasi Piala Asia antara Korut vs Malaysia

Ilustrasi AFC.
Ilustrasi AFC.

Jakarta – Berita mengenai olahraga kali ini datang dari cabang sepak bola. Pelarangan melakukan perjalanan atau travel ban ke Korea Utara oleh pemerintah Malaysia berimbas pada pertandingan kualifikasi sepak bola Piala Asia.

Pertandingan tersebut kembali tertunda setelah dua kali penundaan sepanjang tahun ini karena isu keamanan. Menurut Wakil Menteri Luar Negeri Malaysia, Reezal Merican Naina Merican, larangan agar warga Malaysia tidak bepergian ke Korea Utara itu juga berlaku untuk timnas Malaysia.

Larangan tersebut dikeluarkan seiring meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea yang disebabkan pengembangan nuklir. Pemerintah Malaysia melarang warganya untuk melancong ke Korut hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

Hubungan diplomatik antara Korea Utara dengan Malaysia mulai renggang setelah terbunuhnya Kim Jong Nam di bandara Kuala Lumpur lalu. Asian Football Confederation (AFC) mengungkapkan bahwa adanya penundaan pertandingan tersebut dikarenakan Asosiasi Sepak Bola Malaysia menginformasikan tentang larangan perjalanan itu.

Tim sepak bola Malaysia dijadwalkan bertanding menghadapi Korut di Pyongyang pada 5 Oktober. Namun karena kondisi keamanan yang mengkhawatirkan, pertandingan antara kedua negara itu telah ditunda sebanyak dua kali.()

Sumber: Bisnis