11 Ide Usaha Makanan Ringan Paling Menggiurkan Untuk Pemula

Gorengan, salah satu usaha makanan ringan. Foto: Cicicookies.
Gorengan, salah satu usaha makanan ringan. Foto: Cicicookies.

Bogor – Ingin memulai usaha namun masih bingung akan memilih produk apa? Mungkin usaha makanan ringan dapat menjadi pilihan Anda. Permintaan pasar saat ini untuk makanan ringan terus berdatangan. Hal ini karena penikmat makanan ringan dari anak-anak hingga orang tua. Tidak mengherankan jika pelaku usaha makanan ringan ini sering kebanjiran pelanggan.

Bagi penikmat makanan ringan, Indonesia sepertinya surganya jenis camilan. Ini karena negara kita memiliki beraneka jenis camilan seperti keripik, gorengan, siomay batagor yang dijual dengan budget pas-pasan hingga harga restoran. Oleh sebab itu, peluang bisnis makanan ringan ini memiliki prospek yang baik untuk dicoba para pebisnis pemula. Namun, ada baiknya Anda memiliki persiapan yang matang ketika akan memulai usaha makanan ringan ini. Juga perlu dilakukan beberapa riset serta analisa pasar untuk mengetahui makanan ringan apa yang memiliki permintaan pasar tinggi tapi produsennya sedikit.

Dalam berbisnis jenis makanan ringan, perlu adanya ketekunan dan majemen yang baik. Pengusaha yang sukses dalam bidang ini biasanya merupakan pengusaha yang sudah lama berjualan dan memiliki pelanggan tetap. Selain itu, diperlukan kreatifitas dan inovasi dalam produk yang dipasarkan. Tak ketinggalan rasa makanan yang enak menjadi kunci pembeli akan menggandrungi produk kita. Berikut adalah hal-hal yang mempengaruhi kesuksesan pemula dalam bisnis makanan ringan:

a) Makanan Ringan Memiliki Kualitas Bagus

Baik segi bahan, pengolahan, maupun pengemasan, camilan harus memiliki kualitas yang bagus. Bahan yang digunakan harus bahan yang higienis dan tidak mengandung zat berbahaya. Untuk pengolahan, misalnya goreng camilan menggunakan minyak yang berkualitas dan ganti secara berkala. Selanjutnya kemas makanan ringan dengan kemasan yang baik dan menarik.

b) Inovasi dalam Produk maupun Cara Pemasarannya

Produsen makanan ringan yang laris adalah pengusaha yang selalu berinovasi dalam memproduksi makanan ringan. Dengan produk yang berbeda dari produsen lainnya, produk tersebut lebih mudah dicari dan dibedakan oleh konsumen. Dengan kata lain, Anda menjual produk yang memiliki inovasi berbeda dari yang sudah ada di pasaran.

c) Kembangkan Relasi dengan Pelanggan untuk Menjaga Loyalitas

Ciptakan kesan mendalam kepada pelanggan dengan berkata sopan dan melayani dengan ramah. Selain itu, manfaatkan media sosial untuk membranding makanan uang dijual. Dengan hal tersebut, produsen dapat lebih dekat dengan pelanggan. Kemudian satu pelanggan dapat memberikan iklan dari mulut ke mulut ke pelanggan baru.

d) Strategi Penjualan yang Tepat

Strategi penjualan yang cocok dengan pangsa pasar sangat menentukan kemajuan bisnis Anda ke depan. Contoh strategi penjualan yang tepat seperti memberi diskon, menambah bobot makanan atau membagikan sempel produk secara gratis ke masyarakat di sekitar daerah penjualan yang dituju.

e) Visioner, Think Big, Think Positive

Seorang pengusaha harus selalu berpikir ke depan, menyeluruh, dan positif. Sebab dengan ketiga prinsip tersebut, pikiran akan menjadi tenang dan Anda akan melayani konsumen dengan baik. Pelayanan yang baik sangat diperlukan untuk menghadapi pelanggan. Setelah mengetahui kunci dalam berbisnis makanan ringan, kini saatnya memilih ide usaha apa yang bisa Anda lakukan.

Berikut ini 11 contoh ide usaha makanan ringan yang dapat Anda jadikan referensi:

1. Kedai Kopi

Kopi merupakan minuman favorit sebagian besar masyarakat Indonesia, sehingga banyak berkembang jenis minuman ini. Selain menjadi minuman favorit, usaha ini membutuhkan modal kecil namun memiliki prospek yang cukup besar. Contohnya adalah usaha angkringan. Tidak mengherankan, sekarang angkringan mulai menjamur.

2. Aneka Minuman Dingin

Minuman dingin merupakan minuman yang banyak disukai orang. Contohnya seperti es krim, es teh, es susu, puding, dan masih banyak lainnya. Usaha ini cocok dijajakan di siang hari dan di daerah yang panas. Bisnis ini dapat membidik semua umur dan memiliki prospek yang sangat cerah.

3. Aneka Jus

Bisnis yang satu ini tidak harus memiliki ketrampilan khusus. Variasi rasanya juga dapat dicari di internet. Menjual jus pada ketika siang hingga sore hari adalah waktu yang pas saat hari sedang terik.

4. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau merupakan favorit di antara jenis bubur lainnya. Membuat bubur ini juga terbilang mudah ditambah dengan mengandung gizi yang tinggi. Bubur kacang hijau dapat dijual di sekitar sekolah, kampus, pabrik, atau pinggir jalan.

5. Roti Bakar

Bisnis ini dapat dijalankan dengan modal kecil dan cocok dijajakan di pinggir jalan, kedai, taman, dan tempat keramaian lain. Jenis usaha roti bakar ini di antaranya roti bakar dengan olesan keju, coklat, ceress, atau rasa lainnya sesuai selera konsumen.

6. Aneka Pepes

Pepes dalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari beraneka bahan dasar seperti ikan laut yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Pepes tersebut selanjutnya dipanggang atau dikukus. Makanan ini banyak dijual di warung makan atau restoran. Anda dapat mencoba bisnis ini dengan membuat kemasan yang menarik konsumen.

7. Tahu Kremes

Tahu kremes merupakan tahu yang dilapisi tepung garing. Tahu ini juga mempunyia sebutan lain seperti tahu kress, jeletot ataupun goyang lidah. Pangsa pasar jajanan ini mulai di anak-anak hingga dewasa dan memiliki prospek usaha yang bagus.

8. Gorengan

Makanan yang satu ini hampir diminati oleh semua orang. Selain rasanya yg renyah dan gurih, cara pembuatannya pun mudah. Adapun aneka macam goreng di antaranya: tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, resoles, cireng, pisang molen, dan masih banyak jenis lainnya.

9. Singkong Keju

Jenis usaha ini masih terbilang jarang yang menekuninya. Namun jang salah, penikmat makanan ini terbilang banyak. Inovasi dalam camil ini seperti variasi singkong rasa keju pedas, singkong keju coklat, ataupun singkong keju varisai Anda sendiri.

10. Aneka Keripik

Dengan melihat penikmat kripik yang terbilang banyak, bisnis ini dapat menjadi pilihan Anda dalam berbisnis. Anda dapat melakukan inovasi dengan memproduksi berbagai jenis keripik. Keripik kentang, keripik pisang, keripik singkong aneka rasa dan jenis keripik lainnya dapat menjadi pilihan Anda. Hal yang perlu Anda ingat ketika memulai suatu usaha adalah jangan takut untuk mencoba. Karena banyak pengusaha di bidang kuliner yang akhirnya sukses meskipun tidak memiliki latar belakang dalam bidang kuliner. Namun, dengan mengetahui peluang usaha yang besar di bidang ini, dapat menjadikan Anda semakin yakin menggeluti usaha makanan ringan yang menggiurkan ini.

11. Snack Sehat

Usaha snack sehat dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Snack sehat adalah makanan yang sebenarnya hanya sekedar jajanan namun memiliki nilai gizi yang mampu memberikan manfaat bagi tubuh. Seperti roti bakar yang memiliki banyak macam rasa dan diperkaya dengan susu. Ini akan sangat membantu konsumen mendapat jajanan dan memperkaya gizi tubuhnya. Begitu pula dengan bisnis terang bulan dengan ukuran normal, atau terang bulan mini yang kini sedang banyak diminati di hati masyarakat luas.()

Sumber: Cermati