Tips Mencari Lokasi yang Tepat untuk Berjualan

Kios di pinggir jalan.
Kios di pinggir jalan.

Menjalankan suatu usaha memang banyak tantangannya, mulai dari gangguan preman, penipuan, hingga sepinya pengunjung. Kalau masalah gangguan preman dan penipuan biasanya karena ada masalah internal. Sedangkan masalah sepinya pengunjung disebabkan oleh lokasi yang kurang tepat dalam menjalankan usaha atau berdagang.

Pemilihan lokasi yang tepat merupakan syarat penting dalam menjalankan bisnis. Lokasi juga menjadi faktor yang menentukan ramai atau tidaknya pengunjung yang datang ke tempat usaha anda. Untuk anda pemilik bisnis yang merasa kesulitan mencari lokasi, simak tips mencari lokasi yang tepat untuk berjualan berikut ini :

Jalan Utama Di Pusat Keramaian

Jalan utama menjadi lokasi yang sangat tepat untuk berjualan, apalagi jika jalanan tersebut berada di pusat keramaian seperti mall, sekolahan, pabrik, perkantoran, dan kampus. Memang harus diakui jika biaya sewa tempat di pusat keramaian cukup mahal, namun biaya sewa tersebut tentunya sebanding dengan pemasukan yang akan anda dapatkan.

Cari Lokasi Dekat Alfamart dan Indomaret

Pernahkah anda mengamati, kenapa alfamart selalu berdekatan dengan indomaret begitu juga sebaliknya? Karena masing-masing swalayan tersebut mempunyai staf ahli untuk mencari lokasi. Kemungkinan besar lokasi yang mereka pilih merupakan lokasi yang strategis. Biasanya pihak alfamart dan indomaret juga menyediakan tempat jualan untuk disewakan.

Namun, jika harga sewa tempat cukup mahal sebaiknya anda cari rumah yang bagian depannya cocok untuk tempat berjualan dan lokasinya berdekatan dengan salah satu swalayan tersebut. Kemudian anda coba nego harga tempat sewa dengan pemilik rumah, biasanya harga sewa tempat di depan rumah lebih murah ketimbang sewa di halaman alfamart dan indomaret.

Tikungan Jalan Menjadi Lokasi yang Pas untuk Berjualan

Setiap tikungan atau belokan jalan biasanya sering dilewati banyak orang dan kendaraan. Selain itu, tikungan jalan juga sering dijadikan patokan oleh orang-orang untuk menunjuk arah jalan. Mungkin anda pernah mengalami ketika bertanya arah jalan ke warga sekitar kemudian orang yang anda tanyakan tersebut menjawab “bapak lurus aja, nanti pas di tikungan jalan yang ada tukang donatnya langsung belok kanan.”

Kata-kata “yang ada tukang donatnya” itu sebenarnya menjadi salah satu promosi tersendiri bagi tukang donat. Dengan begitu, ketika anda berjualan di tikungan jalan secara tidak langsung tempat jualan anda akan ikut dipromosikan oleh orang-orang yang menunjukan arah jalan.

Sekitar Kantor Pelayanan Masyarakat

Tempat lain yang cocok untuk berjualan yaitu di sekitar kantor pelayanan masyarakat seperti kecamatan, kelurahan, imigrasi, kantor polisi, dan lainnya. Setiap kantor pelayanan pasti dikunjungi banyak orang. Pilihlah tempat yang sekiranya tidak mengganggu orang lewat dan harganya masih terjangkau. Kekurangannya, kantor pelayanan masyarakat biasanya hanya buka pas hari kerja saja jadi ketika hari libur kemungkinan pengunjung yang datang tidak terlalu ramau atau sepi.

Mengikuti Pasar Kaget dan Pasar Malam

Orang-orang sudah tidak asing lagi dengan pasar kaget dan pasar malam, kedua pasar ini selalu diadakan di tempat yang strategis, terkadang sampai menutup jalan utama. Untuk biayanya, biasanya hanya dikenakan untuk uang keamanan, kebersihan dan uang listrik saja. Namun, untuk sistem pemilihan posisinya yaitu siapa cepat dia yang dapat, artinya jika anda datang duluan maka anda bisa memilih posisi tempat jualan yang masih kososng.

Anda bisa mengikuti tips mencari lokasi berjualan yang tepat untuk mendapatkan tempat yang pas dan menguntungkan untuk berjualan. Namun, jika tempat jualan yang anda pilih mengalami banyak masalah seperti sering banjir, razia petugas, dan banyak tawuran sebaiknya segera tinggalkan dan cari lokasi jualan yang lain.