Strategi Pemasaran Produk Lewat Internet

Contoh usaha online.
Contoh usaha online.

Kunci utama dari produk yang laris terletak pada strategi pemasaran atau marketingnya. Semakin bagus strategi marketingnya maka akan semakin banyak produk yang terjual, walaupun kualitas produknya tidak terlalu bagus. Sekarang ini, banyak orang yang memanfaatkan internet sebagai sarana pemasaran produknya.

Kenapa harus internet? Karena internet dapat memberikan efek viral yang luar biasa sehingga dapat memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap penjualan produk. Sayangnya, masih banyak orang yang asal ketika memasarkan produk di internet, sehingga bukannya laris terjual tapi malah tidak ada yang beli sama sekali.

Supaya pemasaran produk anda lewat internet bisa tepat sasaran sebaiknya anda simak strategi marketing produk lewat internet yang sudah terbukti berikut ini:

Membuat Toko Online untuk Rumah Produk Anda

Punya produk yang bagus tapi belum ada tempat untuk jualan? Nah..solusinya adalah dengan membuat toko online. Tidak harus memiliki tampilan yang canggih, anda cukup membuat toko online dengan tampilan yang sederhana namun tetap menarik dan enak dilihat. Berikan promo menarik, misalkan diskon 50% untuk 10 orang pembeli pertama.

Berikan fitur yang dapat mempermudah pembeli seperti fitur “keranjang” dan fitur “beli sekarang”. Dengan adanya kedua fitur ini pembeli tidak akan kesulitan ketika ingin membeli dan menambahkan barang belanjaan di toko online milik anda. Selain itu, lengkapi juga dengan fitur chatting online agar pembeli bisa lebih mudah untuk berkomunikasi dengan anda.

Social Media Masih Menjadi Tempat Promosi yang Ampuh

Social media merupakan situs dengan interaksi pengunjung terbanyak di dunia maya. Tidak heran jika social media seperti Facebook, Instagram dan Twitter menjadi media promosi yang paling sering digunakan oleh para pebisnis. Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah membuat akun social media yang sesuai dengan nama produk anda.

Setelah akun social media anda selesai dibuat, tahap selanjutnya pasang foto produk yang resolusinya bagus sehingga nyaman dilihat, sertakan juga harga untuk setiap produknya.  Jangan langsung promosi tapi bangunlah interaksi dengan pengunjung. Berikan informasi menarik yang berkaitan dengan produk anda.

Misalkan, produk anda adalah tas wanita maka anda bisa memberikan informasi seputar cara merawat tas agar tahan lama atau cara membersihkan noda membandel di tas wanita.

Anda boleh mulai menjual atau mempromosikan produk ketika interaksi pengunjung sudah terbangun dengan baik, hal ini bisa terlihat ketika banyak pengunjung yang berkomentar di sosmed milik anda. Perbandingan antara promosi dan informasi yang diberikan yaitu 1:4, maksudnya anda hanya diperbolehkan mempromosikan produk sebanyak 1 kali dan memberikan informasi terkait produk anda sebanyak 4 kali dalam sehari.

Memanfaatkan Forum Jual Beli

Selain social media, forum online juga menjadi situs yang paling banyak jumlah dan interaksi pengunjungnya. Setiap forum pasti memiliki kategori trade atau jual beli di dalamnya. Anda bisa memanfaatkan kategori jual beli ini untuk memasarkan produk. Buat thread penjualan produk anda yang dilengkapi dengan emoticon yang menarik dan jawab setiap ada pertanyaan yang masuk lewat inbox anda.

Beberapa forum yang memiliki kategori jual beli yaitu kaskus, indowebster, indonesiaindonesia.com, forum.detik, dan lainnya.

Situs Marketplace, Tempat Jualan yang Menguntungkan

Sekarang ini sudah banyak sekali situs marketplace yang bertebaran seperti tokopedia, bukalapak, olx, etsy, shoopie, dan lainnya. Bisa dibilang jika situs marketplace ini merupakan tambang emas bagi para pebisnis online, apalagi banyak situs marketplace yang menawarkan promo bebas biaya pengiriman sehingga mampu menarik minat para pengguna internet.

Silakan promosikan produk anda melalui situs marketplace, jawablah setiap pertanyaan pengunjung. Namun, ada satu hal yang harus anda ketahui, untuk sistem pembayarannya tidak bisa langsung anda terima sebelum barang yang dikirim sampai ke alamat si pembeli.

Jika semua strategi marketing produk lewat internet yang sudah dijelaskan diatas dijalankan dengan benar, saya yakin penjualan produk anda akan meningkat secara drastis. Namun ingat, strategi marketing diatas membutuhkan proses trial and eror sehingga tidak dapat memberikan hasil yang besar dalam semalam. Selamat mencoba…!!!