Peluang Bisnis Ternak yang Menjanjikan

Contoh usaha ternak.
Contoh usaha ternak.

Banyak orang yang menganggap bisnis ternak merupakan bisnis yang kotor, sulit untuk dijalankan, dan menghabiskan waktu karena harus menunggu ternak meberikan hasil seperti telur, susu, daging, kulit, anakan, dan lainnya. Kita bersyukur hidup di Negara Indonesia yang iklim dan alamnya sangat bagus untuk semua hewan ternak. Sehingga dalam mengurus pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak tidak terlalu sulit.

Peluang bisnis ternak sangat menjanjikan karena permintaan akan hasil ternak sangat banyak dan terus meningkat setiap harinya. Bisnis ternak bisa dilakukan dimana saja, tidak harus di tempat yang luas, bahkan anda juga bisa berternak di rumah sendiri. Buat anda yang ingin sekali menjalankan bisnis ternak, berikut ini beberapa jenis peluang bisnis ternak yang bisa anda jalankan :

Peluang Bisnis Ternak Ayam

Untuk bisnis ternak ayam mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda, karena dari jaman dahulu sudah banyak orang yang berternak ayam di rumahnya sendiri. Mereka membuat kandang ayam sederhana disesuaikan dengan luas lahan rumah yang mereka punya. Bisnis ternak ayam ini terbagi dua yaitu ternak ayam petelur dan ayam pedaging. Keduannya sama-sama memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi.

Bisnis Ternak Jangkrik

Walaupun suaranya berisik tapi bisnis ternak jangkrik sangat menguntungkan karena semua peternak burung pasti membutuhkan jangkrik sebagai makanannya. Selain peternak burung, jangkrik juga selalu dicari oleh para pecinta burung. Hal ini dikarenakan kandungan protein pada jangkrik sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan burung.

Bisnis Ternak Lele

Menjalankan bisnis ternak lele memang membutuhkan lahan yang cukup luas. Namun, anda bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan garasi rumah atau halaman di depan rumah. Untuk kolamnya, buatlah menggunakan semen dan tutupi dengan terpal. Pastkan terpal tidak bolong sehingga ketika diisi air tidak bocor. Pilih bibit lele yang berkualitas sehingga ketika diternak tidak cepat mati, untuk pemasarannya bisa anda tawarkan ke tukang pecel lele dan restaurant di sekitar rumah anda.

Bisnis Ternak Burung

Pecinta burung di Indonesia sangatlah banyak, bahkan sering diadakan lomba untuk menguji kicauan dan kualitas burung yang dipelihara. Untuk menambah pengetahuan anda seputar ternak burung, sebaiknya anda gali informasi dari internet dan dari komunitas pecinta burung.

Bisnis Ternak Kelinci

Hewan berbulu yang imut ini memiliki banyak penggemar di Indonesia, perawatannya juga tidak terlalu sulit. Untuk mengawali bisnis ternak kelinci, anda bisa membeli indukannya terlebih dahulu. Pilih indukan yang memiliki kualitas yang bagus dilihat dari bulu, warna, dan juga kesehatannya. Anda bisa menjual kelinci hasil ternak secara online atau titip jual di toko hewan.

Bisnis Ternak Ikan

Selain lele, ada banyak jenis ikan yang bisa diternakan seperti ikan cupang, ikan mas, ika arwana dan lainnya. Namun, setiap jenis ikan berbeda-beda harganya, biasanya yang paling mahal adalah ikan arwana. Untuk ternak ikan akuarium tidak terlalu sulit, cukup anda pisahkan ikan jantan dan betina yang nantinya bisa dikawinkan dalam satu akuarium.

Bisnis Ternak Cacing

Walaupun menjijikan, ternyata cacing bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Bahkan, beberapa pengusaha ternak cacing bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp 300 juta setiap bulannya. Pangsa pasar cacing bukan hanya di Indonesia saja, tapi juga mencapai ke luar negeri seperti Jepang dan Belanda.

Dalam menjalankan bisnis ternak sebaiknya anda gali terus pengetahuan atau informasi seputar ternak anda, supaya bisnis ternak milik anda semakin berkembang. Peluang bisnis ternak masih terbuka lebar, silakan anda pilih jenis bisnis ternak yang sesuai keinginan anda.