WNI Bebas Visa di Olimpiade Korsel 2018. Ini Syaratnya!

Wisata Korea. Foto: Gokoreatour.
Wisata Korea. Foto: Gokoreatour.

Masih ingat kabar bebas visa Korea untuk WNI? Bila tidak ingat, bisa baca di sini http://wninews.com/travel/hore-tahun-2018-turis-indonesia-bebas-visa-masuk-korea-selatan/.

Ternyata, pemerintah Korsel memang memberikan kemudahan bebas visa bagi WNI, namun hanya sementara. Bebas visa ini berlaku hanya dari tanggal 22 Januari hingga 30 April 2018.

Untuk mendapatkan fasilitas ini, pemohon harus mendaftar secara berkelompok dengan jumlah minimal lima orang melalui 14 agen perjalanan yang ditunjuk oleh Kedubes Korea di Jakarta, yaitu Panorama Tours, K.I.A Tours, Aviatour, Shilla Tours, Dwidaya Tour & Travel, Obaja Tour & Travel, Bayu Buana Tour, Lucky Tours, Antatour, Redcap Indonesia, First Orion Holiday, Golden Rama, Allways Tour, dan Astrindo Tour.

Dan penting untuk diketahui, rute yang ditentukan adalah via Bandara Incheon di Seoul, lalu melanjutkan penerbangan ke Bandara Internasional Yangyang. Penumpang tidak boleh keluar dari Bandara Incheon. Mereka akan diperiksa melalui bukti reservasi tiket penerbangan transit dan keimigrasian di Bandara Yangyang.

KBRI Seoul menghimbau agar WNI yang ingin memanfaatkan fasilitas ini dapat memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku serta senantiasa berhati-hati untuk tidak tertipu calo-calo yang tidak bertanggung jawab. Bila ada pertanyaan atau keraguan, sebaiknya langsung bertanya ke Kedubes Korsel di Jakarta.

Pengawasan pemerintah Korsel sangat ketat sehingga kesempatan ini diharapkan hanya dimanfaatkan semata-mata untuk melancong bukan untuk tujuan bekerja atau tinggal di luar batas waktu yang sudah ditentukan.

Deportasi akan menjadi ancaman jika kedatangan WNI ke Korea Selatan tidak sesuai dengan syarat dan ketentuannya. Diingatkan juga bagi yang pernah overstay di Korsel untuk tidak mencoba menggunakan fasilitas bebas visa ini.()

Sumber: Kumparan