Membanggakan, 11 Pahlawan Devisa di Korea Raih Gelar Sarjana

Wisuda UT Korea. Foto: KBRI Seoul.
Wisuda UT Korea. Foto: KBRI Seoul.

Seoul – Bekerja siang malam, selama enam hari dalam seminggu, bahkan tidak jarang hari Minggu juga harus masuk kerja, tak menyurutkan semangat para pahlawan devisa Indonesia di Korea Selatan untuk menempuh pendidikan. Tercatat 11 pahlawan devisa yang berkuliah di Universitas Terbuka Indonesia cabang Korea Selatan akhirnya resmi menyandang gelar sarjana pada hari Minggu, 13 Agustus 2017 lalu.

Wakil Rektor II UT, Dewi A. Padmo, dalam sambutannya tidak segan mengacungkan jempol kepada para pahlawan devisa tersebut. Sungguh perjuangan yang luar biasa bagi mereka yang memiliki pekerjaan berat dari pagi hingga malam sehingga dapat meraih titel tersebut.

“Saudara adalah contoh yang baik bagi banyak orang bahwa menuntut ilmu dapat dilakukan di mana saja meski sesibuk apa pun. Sepanjang dilandasi keinginan yang kuat dan semangat, akhirnya berhasil dengan gemilang,” ujar Dewi.

Salah seorang wisudawan dari Program Studi Manajemen asal Trenggalek yang bernama Waras mengatakan bahwa wisuda tersebut dianggapnya sebagai langkah awal untuk meraih keberhasilan pada masa yang akan datang.

Semenjak didirikan enam tahun lalu, UT Korea Selatan telah meluluskan 86 pahlawan devisa yang berasal dari tiga jurusan, yaitu Manajemen, Bahasa Inggris dan Komunikasi.()