Lebih Dekat dengan Raja Sejong: Penemu Huruf Hangeul

Arca Raja Sejong, Seoul.
Arca Raja Sejong, Seoul.

Seoul – Bagi wisatawan asing yang pernah ke Korea, Istana Gyeongbokgung adalah salah satu destinasi yang sayang untuk tidak dikunjungi. Berjalan sedikit saja dari gerbang utama istana tersebut, arca Raja Sejong (Sejong Dae-wang) mudah untuk ditemukan.

Raja Sejong adalah seorang raja yang menemukan huruf Hangeul (aksara Korea). Raja Sejong lahir di distrik Chunsu, tepatnya di ibukota Korea saat ini, Seoul. Raja Sejong memiliki kegemaran membaca sejak kecil.

Baca juga: Tips Wisata Korea Murah

Sebagai raja ke-4 Dinasti Choson, sumbangsihnya bagi Korea begitu besar. Selain ahli dalam militer, Raja Sejong sangat terkenal akan kepandaiannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam masa pemerintahannya, seperti menulis buku Nongsa Jikseol yang berisi teknik-teknik bertani untuk meningkatkan hasil pertanian.

Raja Sejong merupakan salah satu raja yang sangat dicintai dan dihormati oleh rakyat. Tidak heran bila Raja Sejong berucap, “Jika rakyat sejahtera, bagaimana raja tidak sejahtera pula? Dan apabila rakyat tidak sejahtera, bagaimana mungkin raja sejahtera tanpa mereka?”()