Dari Daerah Mana Asal Makanan Korea?

Bibimbap. Foto: Taste.
Bibimbap. Foto: Taste.

Seoul – Siapa belum pernah mencicipi rendang? Berbahan dasar daging sapi dengan bumbu pedas yang khas, menjadikan rendang sebagai salah satu makanan favorit WNI. Semua mengamini bahwa rendang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Bagaimana dengan makanan Korea?

Korea memiliki berbagai macam menu makanan. Bahkan, salah satu makanan khas Korea, kimchi, memiliki ratusan varian. Makanan-makanan Korea tersebut ternyata juga memiliki asal daerahnya. Bibimbap, nasi campur dengan sayur-mayur yang bervariasi, ternyata diklaim berasal dari Jeonju, provinsi Jeolla Selatan.

Baca juga: Tips Wisata Murah ke Korea

Makanan berbahan dasar daging ayam dengan bumbu yang cukup pedas, dakgalbi, berasal dari Chuncheon, propinsi Gangwon. Sedangkan Uijongbu di Provinsi Gyeonggi merupakan daerah asal bude jjigae, yaitu daging babi rebus dengan tambahan sayur-sayuran.

Bila berwisata ke Korea sempatkan juga ke daerah makanan-makanan tersebut berasal. Memang, makanan Korea tersebut dapat ditemukan di kota mana pun, namun, untuk rasa, tetap saja berbeda. Mau mencoba?()