Untuk Perokok: 4 Cara Menghilangkan Nikotin dalam Tubuh, Mudah!

Ilustrasi artikel menghilangkan nikotin. Foto: Elshinta.
Ilustrasi artikel menghilangkan nikotin. Foto: Elshinta.

Singapura – Sedari dulu kita tahu bahwa merokok itu berbahaya dan menyebabkan dampak buruk kesehatan yang cukup serius. Banyak dari mereka yang sudah terlanjur menjadi perokok berat, merasa ingin membersihkan zat-zat nikotin yang sudah terkandung dalam tubuh dan paru-paru mereka.

Adanya anggapan yang telah cukup banyak dipercayai oleh masyarakat luas jika susu dan soda dapat membantu menetralisir zat nikotin dalam tubuh. Benarkah? Ternyata belum ada penelitian dalam skala besar dan spesifik yang menyatakan bahwa susu dan soda adalah bahan ampuh untuk mengurangi dan membersihkan nikotin dalam paru-paru.

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Komedo

Nikotin adalah bahan adiktif yang ditemukan dalam rokok dan produk tembakau lainnya. Menurut American Heart Association, nikotin menyebabkan peningkatan tekanan darah dan dapat berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, nikotin dapat menyebabkan kecanduan fisik yang dapat bertahan selama bertahun-tahun, itulah mengapa berhenti merokok menjadi suatu hal yang susah dilakukan jika kita telah kecanduan dan perlu adanya detox nikotin secara khusus. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan nikotin dari dalam tubuh:

1. Minum Banyak Air

Agar tercukupi kebutuhan air dalam tubuh supaya tetap sehat, setiap orang setidaknya wajib minum 1,8-2 liter air per harinya. Namun untuk menghilangkan nikotin dalam tubuh, diperlukan 2,3 liter air per hari dan dilakukan beberapa hari. Tapi konsumsinya pun juga jangan terlalu berlebihan, karena dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh.

2. Olahraga

Selain minum air putih dengan cukup, olahraga juga bagus untuk membersihkan tubuh dari kotoran melalui keringat, termasuk nikotin. Berjalan, jogging dan olahraga lainnya sangat baik untuk membersihkan nikotin dalam tubuh. Olahraga setidaknya 30 menit setiap sesi dengan frekuensi hingga 5 kali seminggu.

3. Perbanyak Buah dan Kurangi Fast Food

Tingkat keasaman dan vitamin dalam buah-buahan seperti jeruk dan apel dapat bekerja untuk menghilangkan nikotin dari tubuh. Selain itu, kurangi makanan cepat saji dan makanan berat setidaknya untuk beberapa hari. Makanan berat bisa diganti dengan biskuit, buah, sayuran dan makanan rendah kalori.

4. Hindari Alkohol

Hindari alkohol, gula dan kopi setidaknya untuk beberapa hari selama periode upaya pembersihan nikotin. Alkohol bisa memperlambat nikotin keluar dari tubuh dan memicu keinginan untuk merokok kembali.

Bagaimana? Mudah kan? Hanya lebih kepada usaha mengubah pola hidup dari yang berantakan kepada yang lebih sehat. Karena seperti pepatah lama, di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat!()