9 Tips Alami Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok. Foto: HelloSehat.
Rambut rontok. Foto: HelloSehat.

Jakarta – Rambut adalah mahkota bagi setiap manusia, khususnya bagi wanita. Rambut dianggap hal yang sangat penting, bagi wanita rambut dapat mempercantik dirinya. Namun, sering kali banyak yang mengalami rambut rontok.

Nah, berikut beberapa tips mengatasi rambut rontok dengan berbagai macam bahan yang bisa Anda temukan dimana saja, alami, dan aman. Apa sajakah itu? Yuk mari disimak.

 

9 Tips Alami Mengatasi Rambut Rontok

1. Bawang Putih 

Bawang putih berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok. Anda tinggal haluskan bawang putih dengan blender, seperti dimembuat jus. Kemudian dioleskan pada bagian rambut yang rontok sebelum  tidur. Besok paginya dibilas dengan air atau langsung ditambah dengan shampoo penumbuh rambut akan lebih terasa efeknya.

2. Jahe

Jahe juga dapat mengatasi rambut rontok Anda, caranya hampir sama seperti menggunakan bawang putih. Atau juga dapat anda kombinasikan keduanya dicampur dalam 1 blender. Kemudian oleskan pada rambut anda. (jangan lupa keramas)

3. Teh Hijau

Teh hijau juga berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok serta meningkatkan pertumbuhan rambut dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi. Cara mengolahnya juga gampang  yaitu dengan cara, seduh dua kantung teh hijau dengan air hangat. Kemudian balurkan seduhan teh hijau tadi ke rambut dan kulit kepala yang rontok. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas hingga bersih.

4. Lidah Buaya

Ekstrak lidah buaya dapat membantu mengatasi kerontokan secara cepat dan alami. Kandungan didalamnya, bisa membantu mengembalikan tekstur sel-sel kulit rusak dan meremajakan serta membentuk sel-sel jaringan rambut menjadi lebih sehat. Cara menggunakannya cukup mudah. Ambilah potongan lidah buaya berukuran besar, dengan daging yang tebal. Belah potongan lidah buaya tersebut menjadi dua bagian, kemudian ambil bagian dalamnya. Usapkan ke seluruh bagian kulit kepala hingga ujung rambut secara merata. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, kemudia bilas hingga bersih.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis ternyata juga bisa mengatasi rambut yang rontok. Anda sudah bisa melakukan perawatan rambut yang rontok secara alami dengan beberapa buah jeruk nipis. Caranya sangat mudah, cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan dan usapkan pada kulit kepala. Jika Anda memilki ketombe, cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe secara cepat. Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keramas hingga bersih.

6. Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah terkenal dari zaman dahulu, biasanya juga dipakai menumbuhkan kumis maupun jenggot. Resep ini sudah dipakai dari orang tua kita zaman dahulu dan hasilnya terpercaya sampai sekarang. Dan sekarang minyaknya sudah ada yang dikemas dalam botol, tinggal dipakai saja. (tapi ingat, harus yang original jangan yang abal-abal)

7. Alpukat

Alpukat ini terkenal akan protein dan protein sangatlah baik untuk pertumbuhan rambut, tidak heran alpukat juga sering dipakai sebagai bahan utama untuk creambat maupun perawatan wajah. Untuk menggunakannya, hancurkan alpukat di dalam mangkuk, dan aduk sampai kental. Kemudian usapkan pada rambut mulai ujung sampai akar rambut, Lalu biarkan selama 20 menit. Setelah itu bersihkan rambut dengan menggunakan sampo, dan bilas hingga bersih

8. Yoghurt

Yoghurt ternyata juga berguna untuk mengatasi rambut yang rontok. Cukup oleskan saja pada rambut seperti creambat kemudian didiamkan selama beberapa menit, kemudian di bilas lagi dengan air.

9. Hair Tonic

Jika anda mempunyai uang lebih mungkin anda bisa membeli hair tonic. Sekarang hair tonic sudah disediakan dalam berbagai merk. Tinggal anda pilih mana hair tonic yang paling bagus untuk mengatasi rambut rontok anda.

Selain tips-tips alami di atas, yang harus Anda perhatikan juga adalah pola makan yang sehat dan kaya nutrisi untuk mencegah kerontokan semakin parah. Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin, protein, dan zinc karena sangat berguna sekali untuk mengatasi rambut rontok Anda.()

Sumber: DuniaInformasiKesehatan