Tradisi Sapi Tok-Tok pada 17 Agustusan

Tradisi Sapi Tok-Tok. Foto: Kumpar.
Tradisi Sapi Tok-Tok. Foto: Kumpar.

Madura – Hari kemerdekaan Republik Indonesia tidak hanya diramaikan dengan lomba-lomba, tetapi juga promosi budaya. Itulah yang dilakukan oleh pemuda Desa Bringin Kecamatan Labang Pada HUT RI ke 72 tahun 2017 ini, yaitu tradisi Sapi Tok Tok.

“Di hari kemerdekaan kali ini dalam kegiatan karnaval yang diadakan Kecamatan Labang. Kami ingin menghidupkan kembali dan memperkenalkan kepada masyarakat secara umum tentang budaya Sapi Tok Tok,” ujar ketua karang taruna Desa Bringen, Ahnad Solihin.

Sapi Tok Tok merupakan tradisi orang Madura yang diadakan saat pernikahan. Pertunjukan Sapi Tok Tok ini menggunakan dua ekor sapi jantan yang dihiasi, dan ditunggangi oleh seorang joki sambil diiringi musik khas Sapi Tok Tok.

Moh Ali, kepala desa Bringin, sangat mengapresiasi pertunjukan yang dilakukan oleh para pemuda yang mempromosikan lagi budaya Sapi Tok Tok. “Saya sangat bangga dan mendukung keinginan pemuda desa Bringin untuk mengangkat tradisi Madura yang belum dikenal oleh masyarakat luas” ujarnya sebagaimana dilansir oleh Dinamika Bangsa.()